Jumat, 26 November 2010

Implementasi komputer dalam bidang Pendidikan

       Di Era Globalisasi seperti sekarang ini, penggunaan komputer sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Maka seiring dengan perkembangan zaman, maka dalam dunia pendidikan pun penyampaian informasinya juga mulai di sesuaikan dengan perkrmbangan zaman .
 
         Pada saat dahulu proses belajar mengajar masih menggunakan cara manual. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman, maka proses belajar mengajar pun mulai berkembang . contohnya dengan menerapkan sistem komputerisasi dalam proses belajar mengajar .

Ada beberapa manfaat Komputer dalam bidang pendidikan, diantaranya adalah :
1.     Sebagai alat presentasi
2.    Sebagai pengganti mesin ketik manual
3.    Sebagai alat hitung
4.    Sebagai media komunikasi masyarakat luas

Penjelasan :
1.     Sebagai alat bantu presentasi
Pada umumnya dalam presentasi skala besar, penggunaan laptop sebagai media presentasi dihubungkan dengan menggunakan sebuah infocus, agar jarak pandang audiance atau penonton lebih luas. Biasanya penggunaan laptop dalam presentasi bertujuan untuk menyampaikan tugas-tugas atau laporan-laporan dihadapan banyak orang.

2.    Sebagai pengganti mesin ketik manual
Karena mesin ketik manual penggunaannya terbilang susah dan hanya sebagian orang saja yang mampu menggunakannya dengan baik, maka untuk memecahkan permasalahan tersebut, diciptakanlah komputer sebagai mesin ketik pengganti versi yang terdahulu. Penggunaan komputer jauh lebih mudah dan simple dibandingkan dengan mesin ketik manual.

3.    Sebagai alat hitung
Sebelumnya manusia masih menggunakan kalkulator sebagai alat bantu hitung. Tetapi karena penggunaannya hanya sebatas untuk menghitung dalam skala kecil, kalkulator kurang efektif untuk menghitung bilangan dalam skala besar. Untuk itu digunakanlah komputer untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan dalam skala  besar yang membutuhkan formula lebih rumit. Selain itu penggunaan komputer sebagai alat bantu hitung mampu mecakup kedalam berbagai bidang. Diantaranya dalam membuat laporan keuangan, menghitung rata-rata nilai, dll. Dengan menggunakan komputer kita lebih mendapatkan keuntungan dibandingkan dengn menggunakan kalkulator, karena dengan menggunakan komputer kita dapat membuat table, grafik untuk memudahkan penyampaian hasil hitungan.

4.    Sebagai media komunikasi masyarakat luas
Pada masa sebelum ditemukannya komputer, banyak orang menemui kendala dalam berkomunikasi dengan masyarakat luas. Beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah jarak, keterbatasan uang, waktu, dan media penyampaiannya. Namun setelah ditemukannya komputer, kita bisa lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain, tak peduli seberapa jauhnya jarak kita dengannya. Bila dahulu untuk berkirim pesan kita memerlukan perangko, amplop, biaya pengiriman dan waktu yang cukup lama untuk sampai kepenerima. Dengan di temukannya email atau elektronik mail, kita dapat memangkas segala biaya yang harus kita keluarkan untuk berkirim pesan. Dengan email pun penyampaian pesan dapat diterima lebih cepat.


Kesimpulan         :
          Dengan diterapkannya sistem komputerisasi dalam bidang pendidikan jelas lebih mempermudah penyampaian informasi. Jika zaman dahulu kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah, kini kita bisa melakukannya secara cepat dan lebih mudah. Cara mendidik pun kini bisa dilakukan secara virtual. Hal ini jelas sangat membantu dalam bidang pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar