Jumat, 03 Desember 2010

Letusan Gunung Merapi

        Gunung merapi adalah gunung berapi yang berada di bagian tengah Pulau Jawa dan gunung ini merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng di sebelah sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.


        Saat ini gunung merapi sangat berbahaya, karena menurut catatan modern gunung ini sedang mengalami erupsi (puncak keaktifan) setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh pemukiman yang sangat padat. Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Kota Magelang dan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat, beranjak di bawah 30 km dari puncaknya. Di lerengnya masih terdapat pemukiman sampai ketinggian 1700 meter dan hanya berjarak empat kolometer dari puncak. Oleh karena tingkat kepentingannya ini, Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia yang termasuk dalam proyek Gunung Api Dekade Ini (Decade Volcanoes).


        Gunung Merapi juga merupakan salah satu gunung termuda dalam rangkaian gunung berapi yang mengarah ke selatan dari Gunung Ungaran. Gunung ini terbentuk karena aktivitas di zona subdiksi Lempeng Indonesia-Australia yang bergerak ke bawah Lempeng Eurasia menyebabkan munculnya aktivitas vulkanik di sepanjang bagian tengah Pulau Jawa. Puncak yang sekarang ini tidak ditumbuhi vegetasi karena aktivitas vulkanik tinggi. Puncak ini tumbuh di sisi barat daya puncak Gunung Batulawang yang lebih tua. (Sumber : Wikipedia)


        Beberapa waktu lalu gunung merapi ini pun meletus kembali. Tepatnya pada tanggal.26-10-2010. Letusan itu menyebabkan begitu banyak kerugian bagi masyarakat sekitar yang terkena dampak dari meletusnya gunung tersebut. Karena meletusnya gunung tersebut juga menyebabkan pulahan orang meninggal dunia akibat terkena letusan tersebut, dan juga karena menghirup abu dari letusan gunung merapi tersebut.


     Bukan hanya manusia saja yang terkena dampak dari meletusnya gunung merapi ini. Akan tetapi beberapa hewan ternak warga sekitar pun ikut mati bersama dengan adanya bencana ini. Warga pun mengalami kerugian atas bencana yang sedang terjadi. Tumbuh-tumbuhan pun ikut mati karena terkena letusan gunung merapi. Harga kebutuhan ekonomi pun menajadi lebih tinggi dari sebelumnya, akibat bencana alam yang terjadi ini.
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar