Jumat, 02 November 2012

Perilaku Konsumen terhadap perkembangan teknologi


          Kemajuan TI (Teknologi Informasi) sekarang ini telah merubah perilaku seorang konsumen. TI yang perkembangannya sangat pesat membuat perubahan yang sangat signifikan terhadap perilaku para konsumen. Akibat perkembangan itu perilaku konsumen telah merubah ke arah modernisasi. Mulai dari perkembangan televisi, ponsel, internet, dll. Perkembangan-perkembangan tersebut secara otomatis mempengaruhi perilaku, kebiasaan, kegiatan masyarakat yang notabennya adalah konsumen.

            Sebagai contohnya adalah kemajuan internet, internet adalah kemajuan IT yang sangat mempengaruhi perilaku para konsumen. Dengan menggunakan internet konsumen bisa mendapatkan informasi apapun yang mereka butuhkan, dan apa yang dibutuhkan semua itu dapat dicari dengan menggunakan internet. Mulai dari informasi yang sifatnya formal sampai yang kepada informasi yang informal.

            Tulisan di atas menggambarkan minatnya para konsumen terhadap teknologi informasi terutama internet. Di jaman modern seperti ini perkembangan teknologi sangatlah canggih. Tak heran lagi, para konsumen pun berbondong-bondong menggunakan teknologi tersebut untuk memuaskan kebutuhan mereka.

            Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga merupakan hal global yang sangat mempengaruhi hampir seluruh bidang kehidupan masyarakat global. Pengaruh perkembangan tersebut cukup berperan dalam merubah pola hidup masyarakat dunia yang semula tradisional, berkembang menjadi semitradisional, lalu melesat menuju pola hidup yang lebih modern.

            Secara khusus perkembangan Teknologi Informasi juga mempengaruhi perkembangan di bidang ekonomi masyarakat. Salah satu contoh kemajuan IT yang cukup populer adalah iklan elektronik yang sering kita lihat dibeberapa situs. Melalui promosi produk tersebut, kita tidak hanya bisa mengetahui informasinya secara detail tetapi juga bisa memesan secara langsung melalui email atau media sosial lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar