Jumat, 02 November 2012

Perilaku Konsumen


     Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan suatu pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan dalam suatu pembelian. Untuk barang berharga yang dijual rendah (low-involvemuent) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan lebih mudah, sedangkan untuk barang berharga yang dijual lebih tinggi (high-involvement) proses  pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang lebih matang lagi. Perilaku konsumen juga merupakan tindakan-tindakan yang terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi, dan membuang suatu produk atau jasa, termasuk pula proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan-tindakan tersebut. Perilaku konsumen juga bisa dikatakan sebagai perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai,mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka. 

      Definisi lainnya adalah bagaimana para konsumen mau mengeluarkan sumber dayanya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga yang mereka miliki untuk mendapatkan barang atau jasa yang mereka inginkan diinginkan.

      Analisis tentang berbagai faktor yang berdampak pada perilaku konsumen menjadi dasar dalam pengembangan strategi pemasaran. Ya, seorang pemasar wajib memahami perilaku konsumennya, seperti apa yang dibutuhkan, apa seleranya, dan bagaimana konsumen mengambil suatu keputusan.

id.wikipedia.org/wiki/Perilaku konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar